Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan secara empirik antara komunikasi interpesonal orang tua dan anak dengan resiliensi akademik mahasiswa tahun pertama. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan resiliensi akademik mahasiswa. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Fakultas Arsitektur dan Desain Jurusan Arsitektur angkatan 2019 dan mengalami kesulitan akademik pada tahun pertama perkuliahan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 42 mahasiswa. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunakan menggunakan dua skala yaitu skala resiliensi akademik mahasiswa dan skala komunikasi interpersonal orang tua dan anak. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai korelasi sebesar 0,570 (p<0,01). Hal ini menunjukan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dan resiliensi akademik mahasiswa dan hipotesis diterima dengan sumbangan efektif sebesar 32,49%.