HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI SEPATU SNEAKERS BRANDED PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif dalam membeli sepatu sneakers branded pada mahasiswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku konsumtif dalam membeli sepatu sneakers branded pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada 105 orang dan menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat ukur skala. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala harga diri dan skala perilaku konsumtif dalam membeli sepatu sneakers branded pada mahasiswa. Hasil analisis data dengan teknik korelasi product moment diperoleh hasil sebesar rxy = -0,237 dengan p = 0,007 (p<0,01) yang berarti menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu adanya hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku konsumtif dalam membeli sepatu sneakers branded pada mahasiswa. Sumbangan efektif yang diperoleh sebesar 5,6%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu semakin tinggi harga diri pada mahasiswa maka semakin rendah perilaku konsumtif mahasiswa dalam membeli sepatu sneakers branded dan sebaliknya.