SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA SMK DITINJAU DARI SEKOLAH SISTEM ASRAMA DAN NON-ASRAMA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan self-regulated learning (SRL) pada siswa SMK dengan sistem asrama dan non-asrama. Hipotesisnya ada perbedaan SRL antara siswa yang belajar di sekolah sistem asrama dengan non-asrama. Subjek penelitian siswa SMK Negeri Jawa Tengah mewakili sekolah asrama dan siswa SMK Negeri 1 mewakili sekolah non-asrama, yang diperoleh secara incidental sampling. Alat pengumpul data berupa Skala SRL. Teknik analisis data menggunakan uji beda t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai t = 3,841 dan p=0,000 (p<0,01), yang berarti ada perbedaan SRL yang sangat signifikan antara siswa yang belajar di sekolah sistem asrama dengan non-asrama. Siswa yang sekolah di sistem asrama memiliki SRL lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar di sekolah sistem non-asrama (mean SRL sekolah sistem asrama = 68,67 dan mean SRL sekolah sistem non-asrama = 64,84). Dengan demikian, hipotesis diterima.