HUBUNGAN ANTARA SCHOOL WELL-BEING DENGAN KENAKALAN PADA REMAJA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara School Well-Being dengan kenakalan pada remaja. Hipotesis pada penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara School Well-Being dengan kenakalan pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP A. teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan total subjek sebanyak 54 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kenakalan remaja dan skala school well-being. Penelitian ini menggunakan korelasi product moment sebagai teknik analisis data dan kemudian dikoreksi menggunakan teknik part-whole. Hasil analisis data menunjukkan korelasi sebesar rxy= -0,499 dengan p= 0,000 (p<0,01) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara school well-being dengan kenakalan remaja. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima dengan sumbangan efektif variabel school well-being terhadap kenakalan remaja sebesar 24,9%