Daftar Isi:
  • Tenun Aliza adalah salah satu produsen kain tenun Troso yang telah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Persaingan Tenun Troso saat ini kurang dapat bersaing dengan kain-kain tradisional lainnya seperti batik yang beragam seperti Batik Solo, Yogyakarta, Semarang dan Lasem yang semakin luas area pemasarannya membuat perlu dirumuskan alternatif strategi bisnis bagi Tenun Aliza sehingga Tenun Aliza mampu meningkatkan kinerja bisnis Tenun Aliza. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang alternatif strategi yang dapat dilakukan Tenun Aliza untuk meningkatkan kinerja bisnis dengan metode SWOT. Perumusan alternatif strategi untuk mengembangkan bisnis Tenun Aliza dilakukan dengan menggunakan metode analisis Matriks SWOT. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 orang pemilik, dan 2 orang karyawan Tenun Aliza yaitu kepala produksi dan marketing serta observasi langsung ke obyek penelitian. Berdasarkan Matriks Internal – Eksternal (I-E), nilai IFAS 3,53 dan EFAS sebesar 3,22 menunjukkan bahwa posisi dari Tenun Batik Aliza ada pada kuadran 1 yaitu dengan strategi tumbuh dan bangun (growth and build). Berdasarkan matriks SWOT akan menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT sebagai alternative strategi dengan alternatif strategi yaitu Kerjasama dengan Pemkab Jepara untuk memasok seragam berbagan tenun troso dengan motif berbeda, Membuat produk tenun Troso ekslusif Tenun Batik Aliza, Social media campaign untuk memberikan informasi tentang tenun troso, Memproduksi sendiri bahan baku benang dan Merekrut karyawan yang sudah ahli dari perusahaan tenun lain.