Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja BRT Trans Jateng Koridor Bawen Semarang ditinjau dari efektivitas, kinerja operasional dan kualitas pelayanannya. Metodologi penelitian akan dilakukan di dalam bis BRT Trans Jateng Koridor Bawen Semarang yang berangkat dari halte pusat yang berada di stasiun Tawang Semarang. Penelitian yang di dalam bis BRT Trans Jateng Koridor Bawen Semarang ini akan dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada penumpang bis BRT Trans Jateng. Penumpang akan mengisi kuisioner yang dibagikan. Kuesioner akan dibagikan sebanyak 100 kuisioner dalam sehari didalam bis BRT Trans Jateng Koridor Bawen Semarang. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari jadi total 300 kuesioner (sesuai dengan rumusan Slovin). Hasil penelitian menunjukan bahwa sfektivitas dari Bus Trans Jateng Bawen Semarang diketahui penumpang dengan kategori umum sebesar 75,53 %, penumpang dengan kategori pelajar sebesar 15,44 % sedangkan penumpang dengan kategori buruh sebesar 9,03 %. Maka dapat disimpulkan kinerja Bus Trans Jateng Bawen Semarang adalah efektif. Artinya, karena 75,53 % di atas 50 %, maka dapat dikatakan efektif karena penumpang umum lebih banyak daripada pelajar dan buruh, BRT merupakan fasilitas umum maka dikatakan efektif, presentase sebesar 95 %, maka dapat disimpulkan kinerja operasional bus trans jateng bawen semarang adalah efektif karena lebih dari 50% dan melebihi target penumpang yang ditargetkan, dan keseluruhan pelayanan BRT Trans Jateng sudah baik. Tetapi masih ada beberapa yang masuk dalam kuadran C yang didalamnya terdapat beberapa masalah yang sangat penting, namun kualitas pelayananya masih belum baik