Analisis Bussiness Model Canvas PT. DPM
Main Authors: | HARIPATWORO, LUCIA, IRMAWATI, BERNADETA |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FORUM MANAJEMEN INDONESIA KORWIL D.I. YOGYAKARTA
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/23573/1/PROSIDING%20FMI.pdf http://repository.unika.ac.id/23573/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah mengaplikasikan Business Model Canvas (BMC) atau Model Bisnis Kanvas pada PT. DPM yang berlokasi di jalan Semarang Kendal dan baru beroperasi sejak tahun 2019. Adanya proyeksi pertumbuhansektor properti diharpkan adanya peningkatkan permintaan akan kaca. PT DPM memproduksi kaca untuk perumahan dan asesoris kantor. Business Model Canvas adalah sebuah tools yang dikembangkan untuk membantu organisasi bisnis dan pengusaha pemula untuk memetakan dan melakukan analisa terhadap model bisnis mereka. Selain itu Business Model Canvasmenggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai Business Model Generation untuk mampu memberikan respons yang cepat terhadap keinginan pelanggan dengan memberikan nilai – nilai terbaik yang ada dalam perusahaan Business Model Canvas mengubah konsep bisnis yang rumit menjadi sederhana yang ditampilkan pada satu lembar kanvas berisi rencana bisnis dengan sembilan elemen kunci yang terintegrasi dengan baik di dalamnya mencangkup analisis strategi secara internal maupun ekternal. Dengan mengaplikasikan Business Model Canvas, PT. DPM dapat mengetahui 9 komponen dari Business Model Canvas MC sehingga dapat mengembangan perusahaannya dengan lebih baik. Adapun 9 komponen tersebut adalah customer segments, value propositins, channels, customer relationships, revenue streams,key resources,key activities, key partnership dan cost strucutre.