Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar pada penyandang tuna daksa, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan bagi para penyandang tuna daksa untuk dapat mengajak dan mendorong orang tua, guru, teman, dan orang-orang sekitar untuk memberikan dukungan kepada anak-anak penyandang tuna daksa. Subyek penelitian adalah empat orang anak tuna daksa yang masih menempuh pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) di sekolah umum, yaitu dua anak di SMP Negeri 12 Surakarta dan dua anak di YPAC Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap subyek, guru, dan teman subyek, observasi, dan tes grafis. Analisis data dengan menggunakan teori Lapangan Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar penyandang tuna daksa tidak dipengaruhi oleh lingkungan fisik, tempat subyek berada dan belajar, tetapi relasi sosial subyek dengan lingkungannya