PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI ASERTIVITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara asertivitas dengan prokrastinasi akademik pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda kegiatan yang berhubungan dengan akademik. Sikap kurang asertif sangat berhubungan dengan sikap pasif seorang prokrastinator, yaitu ketika mereka mengalami kesulitan, ia tidak mau mencari bantuan kepada orang lain. Selain pasif, orang yang tidak asertif juga tidak dapat menolak permintaan orang lain, yaitu saat teman-temannya mengajak bermain atau melakukan hal lain. Kedua hal tersebut menyebabkan siswa-siswi tersebut menunda mengerjakan tugas akademiknya hingga mendekati tenggat waktu yang telah ditentukan. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan negatif antara asertivitas dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 April 2013 dengan mengambil populasi siswa-siswi kelas XI SMK Tarcisius Semarang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek dari penelitian ini adalah 63 siswa dan siswi kelas XI SMK Tarcisius Semarang. Prokrastinasi akademik diungkap melalui skala prokrastinasi akademik dan asertivitas diungkap melalui skala asertivitas. Hasil analisis data diperoleh melalui uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment, dengan hasil = -0,352 dengan nilai p < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Sumbangan efektif asertivitas terhadap prokrastinasi akademik sebesar 12,40 %.