Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh adopsi e-commerce terhadap keberhasilan suatu usaha yang dipengaruhi oleh manfaat teknologi informasi dan kemudahan penggunaan teknologi informasi.Dan diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan masukan kepada UMKM bidang kuliner untuk mengadopsi E-commerce agar memberikan keberhasilan pada UMKM bidang kuliner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari penyebaran kuesioner dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdapat 50 responden yang sudah menggunakan ecommerce dalam kurun waktu 6 bulan dan termasuk dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner di Kelurahan Tlogosari Semarang. Hasil penelitian menunjukkan Manfaat Teknologi Informasi, Kemudahan Penggunaan Teknologi Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Adopsi E-commerce dan Adopsi E-commerce memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha. Variabel Independent yang memiliki pengaruh terbesar terhadap Adopsi E-commerce adalah Kemudahan Penggunaan Teknologi Informasi