PENYUSUNAN STRATEGI ALTERNATIF GUNA PENGEMBANGAN USAHA NUSANTARA SERVICE SIDAMANIK BERDASARKAN ANALISIS SWOT DAN TAHAP KEPUTUSAN DENGAN METODE TOPSIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang menentukan keberhasilan perkembangan startegi dalam wirausahawan, berdasarkan teori faktor keberhasil usaha menurut Basrowi dan Suryana yang di ukur dengan 7 variabel, antara lain (1) Motivasi; (2) Usia; (3) Pengalaman; (4) Pendidikan; (5) Kemampuan dan Kemauan; (6) Tekad yang kuat dan Kerja keras; (7) Kesempatan dan Peluang Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Variabel motivasi yang tinggi dalam usaha. Artinya usaha memiliki dorongan atau motivasi yang tinggi untuk pengembangan usaha, memiliki semangat yang tinggi dan berkomitmen untuk mencapai kesuksesan. (2) Variabel usia tidak mendukung keberhasilan usaha, artinya usia berapapun saat memulai pengembangan startegi bisnis tidak menentukan terhadap keberhasilan usaha karena tidak ada patokan usia. (3) Keberhasilan pencapaian startegi usaha didukung oleh Pengalaman yang kuat dalam berwirausaha. Artinya usaha memiliki pengalaman dalam usaha, memiliki pengetahuan dan keterampilan. (4) Keberhasilan strategi usaha didukung oleh Pendidikan yang baik dalam usaha. Artinya usaha memiliki pendidikan formal dan non-formal yang membantu dalam pengembangan usaha. (5) Keberhasilan usaha didukung oleh Kemampuan dan Kemauan yang tinggi dalam pengembangan usaha. Artinya usaha memiliki keahlian, memiliki sikap inisiatif dan inovatif serta memiliki ide – ide kreatif. (6) Keberhasilan strategi usaha didukung oleh Tekad yang kuat dan Kerja keras yang tinggi dalam usaha. Artinya usaha memiliki sifat tidak mudah menyerah, selalu berjuang dan kerja keras dan memiliki sikap optimis. (7) Keberhasilan pengembangan staretgi usaha didukung oleh Kesempatan dan Peluang yang tinggi. Artinya wirausahawan bisa menciptakan sebuah peluang, bisa mengenali kebutuhan konsumen, melakukan pengembangan produk dan bisa memahami kecenderungan pasar yang sedang terjadi.