Tata Tertib Sekolah yang Responsive Kekerasan/Bullying Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Anak Sekolah di Kota Semarang

Main Authors: SARASWATI, RIKA, HADIYONO, VENATIUS
Format: Proceeding NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unika.ac.id/22907/2/ST_pembicara%20seminar%20hasil%20penelitian%285%29_001.jpg
http://repository.unika.ac.id/22907/1/Tata%20Tertib%20Sekolah.doc
http://repository.unika.ac.id/22907/
Daftar Isi:
  • Bullying atau perundungan marak terjadi di Indonesia. Hal ini mengancam hak-hak anak untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama belajar di sekolah, sementara di sisi lain belum semua sekolah memiliki tata tertib yang secara khusus mengatur tentang bullying/perundungan. Metode pendekatan menggunakan kualitatif, analisis dilakukan secara diskriptif. Mitra penelitian sejumlah Sembilan (9) Sekolah Menengah Atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terjadi di semua sekolah yang diteliti dan banyak terjadi antar siswa. Respon yang ditempuh siswa terhadap bullying yang terjadi sangat beragam, dan respon yang sering dilakukan adalah melaporkan kepada guru. Sekolah yang diteliti belum mengatur secara khusus bullying ke dalam tata tertib sekolah mereka. Upaya yang dilakukan untuk memberi saran agar terdapat perubahan dalam tata tertib sekolah melalui buku saku.