PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL KEDAI KOPI NUSANTARA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KOPI INDONESIA
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak kekayaan alam melimpah. Tanahnya yang subur menjadikan Indonesia kaya akan aneka macam kekayaan hayati. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia adalah tanaman kopi. Kopi Indonesia merupakan salah satu kekayaan alam yang menjadi salah satu komoditas yang diperdagangkan keluar negeri. Indonesia sendiri merupakan negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia. Namun sayangnya masyarakat Indonesia sendiri masih sedikit yang mengetahui tentang kopi Indonesia. Adapun metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka dan observasi untuk mencari data tentang kopi Indonesia, serta untuk menemukan pemecahan masalah yang sesuai dan efisien. Metode secara interview dan kuesioner digunakan untuk mengetahui dan minat dari target sasaran yaitu masyarakat urban. Dengan mempertimbangkan dari segi pengalaman yang berbeda, maka pemecahan masalah yang ditawarkan menawarkan kepada konsumen untuk menjajal dan mengetahui sendiri tentang kopi Indonesia serta proses pengolahannya. Perancangan ini membutuhkan banyak pihak untuk membantu memperkenalkan kopi Indonesia kepada masyarakat luas. Jika dapat terlaksana dengan baik, harapannya kopi Indonesia menjadi salah favorit dari masyarakat luas. Kata kunci : alami, pengetahuan, proses, moderen-tradisional, simpel