Implementasi dan Penilaian Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar
Main Authors: | Dra. Maria Yang Roswita, MSi, ita, Dra. Emiliana Primastuti, MSi, ima |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/22049/1/Penelitian%2C%20surtug%2C%20pengesahan%2C%20laporan.pdf http://repository.unika.ac.id/22049/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter kemandirian di Sekolah Dasar di kota Semarang . Subyek Penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru yang bekerja di Sekolah Dasar Negeri atau Sekolah Dasar Swasta di Semarang. Tehnik pengambilan subyek penelitian melalui tehnik random. Penyebaran angket penelitian dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian karakter kemandirian di Sekolah dasar sudah terencana sebelum pengembangan karakter kemandirian diberikan dalam Proses Belajar Mengajar. Adapun dalam dalam penyusunan penilaian pengembangan karakter kemandirian juga direncanakan metode dalam penilaian , seperti metode yang digunakan adalah pengamatan pada perilaku siswa. Ada lembaga yang sudah memiliki rencana penilaian dengan menggunakan rubrik, sehingga dapat diaplikasikan dalam check list yang memantau perilaku siswa saat kegiatan pengembangan dilakukan. Ada juga Lembaga yang memberikan penilaian dalam bentuk seperti penilaian akademik bagi siswa.