MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI DIGITAL STORYTELLING
Main Author: | MURNIATI, CECILIA TITIEK |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/21612/1/58119962042019G1_Sendimas%20compiled.pdf http://repository.unika.ac.id/21612/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bukan merupakan sesuatu yang baru dalam pengajaran bahasa Inggris. Walaupun teknologi tidak berperanan langsung terhadap prestasi akademik siswa didik, penggunaan teknologi dalam proses belajara mengajar dapat meningkatkan soft skills siswa, seperti kemampuan untuk bekerja sama, kemampuan untuk memecahkan masalah, dan kemampuan belajar mandiri. Digital storytelling merupakan salah satu contoh implementasi teknologi dalam pembelajaran bahasa. Dalam program pelatihan bahasa ini, penulis menggunakan topik storytelling untuk melatih siswa mengekspresikan gagasan mereka melalui storytelling dalam bahasa Inggris. Dalam pelatihan ini penulis menggunakan aplikasi Steller sebagai platform yang bisa digunakan untuk menulis cerita. Dalam pelatihan ini, siswa dapat membuat cerita sederhana. Keterbatasan kosa kata, akses internet, dan ketidaksesuaian spesifikasi telpun genggam dengan program merupakan kendala. Namun demikian, karena motivasi menulis siswa meningkat karena mereka mengerjakan apa yang mereka sukai.