PENGARUH GAYA HIDUP BERBELANJA DAN PERILAKU HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Toko Belanja Online Shopee)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh gaya hidup berbelanja dan perilaku hedonik terhadap pembelian impulsif. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa konsumen online Shopee di UNIKA Soegijapranata Semarang yang melakukan pembelian minimal 3 kali dalam 3 bulan terakhir (bulan Mei – Juli 2019). Teknik sampling nya adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel penelitian sebanyak 100 orang mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang menggunakan online Shop Shopee. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1)Tanggapan responden terhadap gaya hidup berbelanja adalah setuju, hal ini diketahui dari rata-rata jawaban responden untuk variabel gaya hidup berbelanja sebesar 4,18 dan hasil ini menunjukan kecenderungan responden yang setuju dalam menjawab masing – masing pertanyaan kuesioner yang ada. (2)Tanggapan responden terhadap perilaku hedonik adalah setuju, hal ini diketahui dari rata-rata jawaban responden untuk variabel perilaku hedonik sebesar 3,87 dan hasil ini menunjukan kecenderungan responden yang setuju dalam menjawab masing – masing pertanyaan kuesioner yang ada. (3)Tanggapan responden terhadap pembelian impulsif adalah setuju, hal ini diketahui dari rata-rata jawaban responden untuk variabel pembelian impulsif sebesar 3,92 dan hasil ini menunjukan kecenderungan responden yang setuju dalam menjawab masing – masing pertanyaan kuesioner yang ada. (4)Hasil pengujian variabel gaya hidup berbelanja menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Artinya H1 dalam penelitian ini diterima. (5)Hasil pengujian variabel perilaku hedonik menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku hedonik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Artinya H2 dalam penelitian ini diterima. (6) Hasil pengujian variabel gaya hidup berbelanja dan perilaku hedonik secara bersama – sama menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup berbelanja dan perilaku hedonik secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Artinya H3 dalam penelitian ini diterima.