Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dan spiritualitas terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis penelitian ini: 1) terdapat hubungan antara mindfulness dan spiritualitas dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi; 2) terdapat hubungan yang positif antara mindfulness dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi; 3) Terdapat hubungan yang positif antara spiritualitas dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian ini sebanyak 68 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang, yang dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Pengambilan data menggunakan Skala Resiliensi Akademik, Skala Mindfulness dan Skala Spiritualitas. Hasil analisis data hipotesis mayor menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan dengan nilai R=0,760 dan nilai Fhitung=44,389 dengan p<0,01. Analisis korelasi mengungkap bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara mindfulness dengan resiliensi akademik (rx1y=0,638; p<0,01) serta terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara spiritualitas dengan resiliensi akademik (rx2y=0,674; p<0,01). Sumbangan efektif mindfulness dan spiritualitas terhadap resiliensi akademik adalah 56,4%.