Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku perundungan pada siswa SMP di Semarang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini ada tiga yakni: hipotesis mayor menunjukan adanya hubungan antara konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku perundungan pada siswa SMP di Semarang. Hipotesis minor satu menunjukan adanya hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku perundungan pada siswa SMP di Semarang. Sedangkan hipotesis minor dua menunjukan bahwa ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku perundungan pada siswa SMP di Semarang. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa SMP Ekasakti Semarang. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku perundungan, konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosional. Hasil analisis data menghasilkan F= 8,020 (F>0,001) sehingga menunjukkan adanya hubungan antara konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku perundungan. Hasil analisis data hipotesis minor menunjukkan p>0,01(0,483) sehingga menunjukkan adanya hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku perundungan. Hasil analisis data hipotesis minor lainnya juga menunjukkan p<0,01 (-0,019) sehingga menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan perilaku perundungan