Daftar Isi:
  • Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat hubungan Home Literacy Environment (HLE) dan Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : (1). Ada hubungan antara HLE dan Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang, (2). Adanya hubungan positif antara HLE dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang, (3). Adanya hubungan positif antara Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa kelas 4 SD yang memenuhi karakteristik penelitian yaitu yang mempunyai IQ Verbal Wechsler rata-rata (90-109) dan di atas rata-rata (110-119), dengan menggunakan teknik sampel random berkelompok yaitu Cluster Random Sampling. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Home Literacy Environment (HLE), skala Parents Involvement dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Sekolah Dasar pada kemampuan membaca. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1). Ada hubungan antara HLE dan Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang (R=.758, F=69.792, p<.01), (2). Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara HLE dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang (r=.726, p<.01), (3). Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara Parents Involvement dengan kemampuan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang (r=.665, p<.01). Dengan demikian hipotesis mayor, minor 1 dan minor 2 yang diajukan diterima.