Objek Visual dan Pengaruhnya pada Interaktivitas Pengunjung di Museum Interaktif “Tiga Dimensi”

Main Author: Jati, Arwin Purnama
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media, Univ. Ciputra Surabaya , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unika.ac.id/21557/1/Konten%20Jurnal%20Vol%201%20No%202%20Sep%202019%20-%20Artikel%206.pdf
http://repository.unika.ac.id/21557/2/hasil%20reviewer%20penelitian%20jurnal%20nasional.pdf
http://repository.unika.ac.id/21557/3/report%2310659600.pdf
http://repository.unika.ac.id/21557/
https://journal.uc.ac.id/index.php/calathu/article/view/1011
Daftar Isi:
  • Museum tiga dimensi termasuk sebagai jenis museum interaktif dalam wacana permuseuman modern. Museum modern saat ini tidak hanya digunakan untuk memajang artefak, namun juga dirancang dengan konsep tertentu untuk menghadirkan pengalaman baru pengunjungnya melalui keterlibatan dengan objek visual. Konsep objek visual pada museum tiga dimensi secara fisik berupa gambar visual-optic ataupun objek pendukung lain. Objek tersebut dapat diakses oleh pengunjung secara langsung dalam ruang-ruang tematik. Selain itu, terdapat penanda visual tertentu yang mengatur jarak atau sudut pengambilan gambar. Fokus penelitian ini mengkaji objek visual maupun penanda visual dalam ruang museum tiga dimensi dan menganalisis pengaruhnya terhadap tindakan atau interaktivitas pengunjung. Penelitian dilakukan melalui pengamatan pada representasi museum tiga dimensi yang memiliki kemiripan konsep untuk melihat kecenderungan pola interaksi pengunjung dengan objek visual. Pengamatan tersebut menghasilkan temuan yang dianalisis sebagai hasil penelitian, yaitu objek visual pada museum tiga dimensi cenderung mempengaruhi pola tindakan pengunjung untuk menyesuaikan tindakan mereka dengan tema atau konsep museum. Selain itu, penanda visual memiliki ‘kuasa’ yang mengatur pengunjung berinteraksi dengan objek visual. Walaupun demikian, objek visual yang ada memungkinkan pengunjung untuk memilih dan mengalami realitasnya atau menciptakan imajinasi melalui keterlibatan atau interaktivitas dengan objek visual.