Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-bisnis di Usaha Kecil dan Menengah Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh karakteristik sistem informasi terhadap kepuasan pengguna e-bisnis di usaha kecil dan menengah Semarang (UKM). Fitur dari model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean dipelajari dengan menguji pengaruh karakteristik sistem pada penggunaan sistem dan pada kepuasan pengguna terkait dengan kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan, serta menilai manfaat bersih untuk individu dan organisasi (DeLone & McLean, 2004). Social Cognitive Theory (SCT) berasal dari Social Learning Theory (SLT) dan mendefinisikan konstruksi psikologi sosial dari perilaku manusia sebagai interaksi dinamis dan timbal balik dari faktor pribadi, perilaku, dan lingkungan (Bandura, 1997). Dengan demikian, kepercayaan pengguna dan ekspektasi internal pada aplikasi komputer adalah masalah kritis untuk implementasi sistem informasi. Namun, ketika mempertimbangkan efek karakteristik sistem informasi pada faktor kesuksesan e-bisnis UKM, konstruksi psikologis juga dibentuk dan digunakan untuk memandu tindakan manusia. Sampel penelitian ini adalah 125 UKM Semarang. Dengan menggunakan Partial Least Square (PLS), hasil penelitian (1) Kualitas informasi berpengaruh positif terhadap ekspektasi hasil dan self-efficacy komputer. (2) Kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap ekspektasi hasil dan self-efficacy komputer. (3) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap ekspektasi hasil dan self-efficacy komputer. (4) Self-efficacy komputer berpengaruh positif terhadap ekspektasi hasil dan kepuasan pengguna. (5) Ekspektasi hasil berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.