SELEKSI PEMASOK BOX DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA CV. SIMATRIK
Daftar Isi:
- Dengan pemasok yang baik maka perusahaan akan dapat mencapai optimalisasi dalam proses produksi sehingga akan meningkatkan kinerjanya. Pemilihan pemasok adalah hal yang penting dilakukan dan membutuhkan berbagai pertimbangan dari sejumlah faktor untuk pengambilan keputusan. CV. Simatrik merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang perakitan dan pengadaan barang dan jasa yang berlokasi di Jalan Citarum Raya Ruko F.1, Semarang. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana seleksi pemasok Box pada CV. Simatrik menggunakan metode AHP?”. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemasok Box pada CV. Simatrik menggunakan metode AHP. Obyek yang digunakan dalam penelitian adalah CV. Simatrik di Jalan Citarum Raya Ruko F.1. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pagawai yang langsung berhubungan dengan supplier pada CV. Simatrik, yang berjumlah 9 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Untuk mengumpulkan data primer ini digunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode AHP. Berdasarkan pada hasil analisis dapat ditarik kesimpulan variabel yang menjadi prioritas utama dalam melakukan seleksi pemasok menurut CV. Simatrik adalah variabel kualitas dengan nilai sebesar (0,439). Untuk pemasok urutan prioritasnya adalah 1. General Lighting, 2. Daya Guna Teknik, 3. Panca Manunggal, 4. Saka. Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini adalah sebaiknya CV. Simatrik adalah membina hubungan baik dengan empat pemasok yang ada, jika General Lighting tidak mampu memenuhi permintaan, maka CV. Simatrik dapat beralih kepada pemasok lainnya, dalam penelitian selanjutnya dapat menambah variabel seperti ketepatan jumlah, logistic, teknologi, dan lain-lain.