Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan kecenderungan narsistik pada pengguna instagram. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan negatif yang sangat signifikan harga diri dengan kecenderungan narsistik pada pengguna instagram. Semakin tinggi harga diri, maka semakin rendah kecenderungan narsistik, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Menggunakan Try Out terpakai berjumlah 50 subjek. Terdiri dari 32 mahasiswi dan 18 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecenderungan narsistik dan skala harga diri. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah teknik korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan harga diri dengan kecenderungan narsistik. Semakin tinggi harga diri, maka semakin tinggi kecenderungan narsistik pada pengguna instagram yang ditunjukkan dengan nilai rxy=0,378 dengan p<0,01. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis ditolak.