Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia berkembang sangat pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet merupakan teknologi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih untuk masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Banyak perusahaan e-commerce Ada banyak jenis e-commerce yang berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah Transportasi online, dimana transportasi online ini merupakan jenis e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia. Transportasi online adalah transportasi informal atau yang lebih dikenal dengan istilah paratransit. Dimana pelayanan yang disediakan oleh operator dapat digunakan oleh semua orang yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan jasa transportasi dengan memesan layanan melalui aplikasi. Setelah berhasil memesan, maka akan muncul notifikasi dari sistem aplikasi e-commerce tersebut, dan driver akan mengkonfirmasi alamat tujuan dan penjemputan kepada pengguna layanan jasa. Penelitian ini terdiri dari 6 variabel yaitu keamanan, kemudahan, harga, kualitas aplikasi, kualitas layanan, dan promosi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dari berbagai tempat di kota Semarang. Pengujian data kualitatif menggunakan reduksi data. Hasil dari penelitian ini adalah promosi merupakan faktor yang paling mempengaruhi dalam penggunaan layanan transportasi online di masyarakat.