Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Travel Agent Melalui Aplikasi Mobile Booking Traveloka.com
Daftar Isi:
- Traveloka merupakan e-commerce yang masuk dalam jenis bisnis ke konsumen atau biasa disebut B2C (Business-to-Consumer). Berdasarkan Laporan DailySocial: Survey Online Travel Agencies (OTA) 2018, Traveloka berada diposisi pertama yang memiliki jumlah pengunjung tertinggi, bahkan dari semua sisi penilaian, Traveloka menjadi situs yang paling populer di segmen ini di Indonesia. Traveloka menyediakan menyediakan platform online sehingga dapat digunakan untuk mencari maskapai penerbangan, kereta api, penginapan, pertunjukan seni, paket perjalanan wisata, objek wisata, pulsa prabayar, pembelian tiket bus, serta membuat reservasi, pemesanan dan/atau pembelian (layanan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian online travel agent melalui aplikasi mobile booking traveloka.com. Objek penelitian ini adalah semua masyarakat yang berdomisili di Kota Semarang yang pernah menggunakan aplikasi mobile booking Traveloka.com dan telah memenuhi kriteria yang diingikan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan 35 responden. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan terutaman perusahaan marketplace dan juga masyarakat terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online travel agent melalui aplikasi mobile booking traveloka.com yaitu faktor kemudahan, keamanan, kepercayaan, kualitas informasi, kualitas layanan, harga, produk, dan promo yang akan membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan dalam menentukan rumusan strategis untuk mengembangkan perusahaan dan untuk pertimbangan masyrarakat dalam melakukan keputusan pembelian secara online.