Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh positif moral reasoning terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi di Semarang, untuk mengetahui pengaruh negatif love of money terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi di Semarang, untuk mengetahui pengaruh negatif sifat Machiavellian terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi di Semarang, untuk mengetahui pengaruh gender terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi di Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa dari Universitas yang terakreditasi A yang terdiri dari Universitas Islam Sultan Agung, Unika Soegijapranata Semarang, Universitas Stikubank,Universitas Dian Nusantoro, Univeristas Dipenogoro, UNNES yang berjumlah 351 orang. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reabilitas. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisi data yang terdiri dari uji normalitas, uji lineralitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara membagikan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Moral Reasoning berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi di Semarang, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitungnya 11,495 yang nilainya > t tabel (1.645). (2) love of money berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi di Semarang, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitungnya sebesar -1,692 yang nilainya < -t tabel (-1,645). (3) Sifat Machiavellian tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi di Semarang, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitungnya sebesar 1,281 yang nilainya < t-tabel (1.645). (4) Gender berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi di Semarang, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitungnya sebesar -2.077 yang nilainya < -t tabel (-1.96).