Daftar Isi:
  • Karakteristik kewirausahaan yang kuat akan mampu membantu wirusahawan melewati masa yang sulit dalam pekerjaannya dan bertahan dalam bisnis. Persaingan antar wirausahawan café yang sangat ketat membuat perlu adanya penelitian mengenai karakteristik kewirausahaan pengusaha café yang dapat bertahan dalam melalui persaingan yang semakin kuat ini. Karakterisitik kewirausahaan yang dimiliki oleh pemilik Inn Cafe and Soju Bar, Scoop, Bestcamp Cafe, Gala Steak & Pizza dan Twelve Cafe akan diteliti dengan menggunakan teori karakteristik kewirausahaan dari Scarborough dan Zimmerer dalam mencapai kesuksesaan dengan persaingan yang semakin ketat ini. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode kualitatif. Sampel penelitian ini adalah pemilik dan 2 orang karyawan kunci Inn Cafe, Gala Steak & Pizza, Twelve Cafe, Scoop dan Best Camp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengusaha café di kota Semarang dinilai memiliki karakteristik kewirausahaan dari teori dengan menggunakan teori Scarborough dan Zimmerer (2011). Karakteristik kewirausahaan tertinggi dari pemilik café adalah Confidence in their ability to success.