PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi minat berwirausaha secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Soegijapranata Semarang. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang, dimana responden- responden tersebut merupakan mahasiswa program studi manajemen semester 5 ke atas yang telah mengambil mata kuliah wajib di konsentrasi kewirausahaan. Penentuan responden pada penelitian ini melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada responden. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan validitas, reliabilitas, dan analisis deskriptif, sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketiga faktor motivasi dan keempat indikator minat berwirausaha termasuk pada golongan yang tinggi. Dan untuk hasil uji hipotesis uji t mengungkapkan bahwa ketiga faktor motivasi yaitu Ambition for freedom, Self- realisation, dan Pushing factors berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Semarang.