ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC)
ctrlnum |
20558 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/20558/</relation><title>ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR
BRUSHLESS DC (BLDC)</title><creator>RAKASIWI, GALIH</creator><subject>621 Electrical engineering</subject><description>Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dengan menggunakan motor
listrik mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya di bidang transportasi
elektrik. Salah satu jenis motor yang digunakan untuk transportasi elektrik yaitu
motor Brushless DC (BLDC) karena memiliki efisiensi tinggi, torka besar, kecepatan
tinggi dan biaya operasional yang murah. Pada dasarnya motor listrik sangat
membutuhkan proses pengereman. Ada dua metode yang digunakan dalam
pengereman motor listrik yaitu pengereman mekanis dan elektris. Pada pengereman
elektris terdapat tiga jenis pengereman yaitu pengereman dinamik, pengereman
regeneratif dan pengereman plugging.
Pada tugas akhir ini dirancang salah satu metode pengereman pada motor
BLDC. Pengereman pada motor BLDC dirancang secara dinamik, di mana motor
BLDC dioperasikan sebagai generator yang digerakkan energi kinetik. Dioda pada
modul inverter dimanfaatkan untuk melakukan pengereman dinamik pada motor
BLDC. Pengereman dinamik dilakukan dengan cara memberikan tahanan pada
terminal input motor BLDC. Pada saat terjadinya pengereman dinamik, nilai tahanan
mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi stasioner.
Kata Kunci: Transportasi Elektrik, Motor BLDC, Pengereman Dinamik, Nilai
Tahanan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/1/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/2/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/3/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/4/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/5/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/6/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/7/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20DAPUS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/8/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20LAMP.pdf</identifier><identifier> RAKASIWI, GALIH (2019) ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG. </identifier><recordID>20558</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RAKASIWI, GALIH |
title |
ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR
BRUSHLESS DC (BLDC) |
publishDate |
2019 |
topic |
621 Electrical engineering |
url |
http://repository.unika.ac.id/20558/1/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20COVER.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/2/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20I.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/3/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20II.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/4/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20III.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/5/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20IV.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/6/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20V.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/7/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20DAPUS.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/8/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20LAMP.pdf http://repository.unika.ac.id/20558/ |
contents |
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dengan menggunakan motor
listrik mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya di bidang transportasi
elektrik. Salah satu jenis motor yang digunakan untuk transportasi elektrik yaitu
motor Brushless DC (BLDC) karena memiliki efisiensi tinggi, torka besar, kecepatan
tinggi dan biaya operasional yang murah. Pada dasarnya motor listrik sangat
membutuhkan proses pengereman. Ada dua metode yang digunakan dalam
pengereman motor listrik yaitu pengereman mekanis dan elektris. Pada pengereman
elektris terdapat tiga jenis pengereman yaitu pengereman dinamik, pengereman
regeneratif dan pengereman plugging.
Pada tugas akhir ini dirancang salah satu metode pengereman pada motor
BLDC. Pengereman pada motor BLDC dirancang secara dinamik, di mana motor
BLDC dioperasikan sebagai generator yang digerakkan energi kinetik. Dioda pada
modul inverter dimanfaatkan untuk melakukan pengereman dinamik pada motor
BLDC. Pengereman dinamik dilakukan dengan cara memberikan tahanan pada
terminal input motor BLDC. Pada saat terjadinya pengereman dinamik, nilai tahanan
mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi stasioner.
Kata Kunci: Transportasi Elektrik, Motor BLDC, Pengereman Dinamik, Nilai
Tahanan. |
id |
IOS2679.20558 |
institution |
Universitas Katolik Soegijapranata |
institution_id |
334 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata |
library_id |
522 |
collection |
Unika Repository |
repository_id |
2679 |
subject_area |
Akuntansi Arsitektur Ekonomi |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2679 |
first_indexed |
2019-12-12T07:19:26Z |
last_indexed |
2020-03-20T13:35:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765771857550639104 |
score |
17.538404 |