ctrlnum 20558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/20558/</relation><title>ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR&#xD; BRUSHLESS DC (BLDC)</title><creator>RAKASIWI, GALIH</creator><subject>621 Electrical engineering</subject><description>Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dengan menggunakan motor&#xD; listrik mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya di bidang transportasi&#xD; elektrik. Salah satu jenis motor yang digunakan untuk transportasi elektrik yaitu&#xD; motor Brushless DC (BLDC) karena memiliki efisiensi tinggi, torka besar, kecepatan&#xD; tinggi dan biaya operasional yang murah. Pada dasarnya motor listrik sangat&#xD; membutuhkan proses pengereman. Ada dua metode yang digunakan dalam&#xD; pengereman motor listrik yaitu pengereman mekanis dan elektris. Pada pengereman&#xD; elektris terdapat tiga jenis pengereman yaitu pengereman dinamik, pengereman&#xD; regeneratif dan pengereman plugging.&#xD; Pada tugas akhir ini dirancang salah satu metode pengereman pada motor&#xD; BLDC. Pengereman pada motor BLDC dirancang secara dinamik, di mana motor&#xD; BLDC dioperasikan sebagai generator yang digerakkan energi kinetik. Dioda pada&#xD; modul inverter dimanfaatkan untuk melakukan pengereman dinamik pada motor&#xD; BLDC. Pengereman dinamik dilakukan dengan cara memberikan tahanan pada&#xD; terminal input motor BLDC. Pada saat terjadinya pengereman dinamik, nilai tahanan&#xD; mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi stasioner.&#xD; Kata Kunci: Transportasi Elektrik, Motor BLDC, Pengereman Dinamik, Nilai&#xD; Tahanan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/1/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/2/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/3/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/4/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/5/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/6/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/7/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20DAPUS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/20558/8/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20LAMP.pdf</identifier><identifier> RAKASIWI, GALIH (2019) ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG. </identifier><recordID>20558</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAKASIWI, GALIH
title ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC)
publishDate 2019
topic 621 Electrical engineering
url http://repository.unika.ac.id/20558/1/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20COVER.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/2/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20I.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/3/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20II.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/4/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20III.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/5/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/6/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20BAB%20V.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/7/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20DAPUS.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/8/14.F1.0022%20GALIH%20RAKASIWI%20%286.36%29..pdf%20LAMP.pdf
http://repository.unika.ac.id/20558/
contents Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dengan menggunakan motor listrik mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya di bidang transportasi elektrik. Salah satu jenis motor yang digunakan untuk transportasi elektrik yaitu motor Brushless DC (BLDC) karena memiliki efisiensi tinggi, torka besar, kecepatan tinggi dan biaya operasional yang murah. Pada dasarnya motor listrik sangat membutuhkan proses pengereman. Ada dua metode yang digunakan dalam pengereman motor listrik yaitu pengereman mekanis dan elektris. Pada pengereman elektris terdapat tiga jenis pengereman yaitu pengereman dinamik, pengereman regeneratif dan pengereman plugging. Pada tugas akhir ini dirancang salah satu metode pengereman pada motor BLDC. Pengereman pada motor BLDC dirancang secara dinamik, di mana motor BLDC dioperasikan sebagai generator yang digerakkan energi kinetik. Dioda pada modul inverter dimanfaatkan untuk melakukan pengereman dinamik pada motor BLDC. Pengereman dinamik dilakukan dengan cara memberikan tahanan pada terminal input motor BLDC. Pada saat terjadinya pengereman dinamik, nilai tahanan mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi stasioner. Kata Kunci: Transportasi Elektrik, Motor BLDC, Pengereman Dinamik, Nilai Tahanan.
id IOS2679.20558
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2019-12-12T07:19:26Z
last_indexed 2020-03-20T13:35:28Z
recordtype dc
_version_ 1765771857550639104
score 17.538404