Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Profesionalisme Akuntan Pendidik Ditinjau Dari Segi Knowledge, Skill, Dan Character Pada Perguruan Tinggi Negeri Dan Perguruan Tinggi Swasta
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi mengenai profesionalisme akuntan pendidik ditinjau dari dimensi Knowledge, Skill dan Character. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi aktif pada PTN dan PTS di kota Semarang yang mempunyai nilai akreditasi A pada program studi akuntansi. Proses sampel minimum dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling yang berjumlah 99 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google forms. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 poin. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, (2) Uji Statistik Deskriptif, (3) Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas, dan (4) Pengujian Hipotesis dengan Uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan Software SPSS versi 21. Hasil uji dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi pada PTN mempunyai persepsi yang lebih baik dan unggul mengenai profesionalisme akuntan pendidik, apabila dibandingkan dengan PTS. Dari segi knowledge, terdapat perbedaan yang signifikan pada item dosen mampu menguraikan mengenai akuntansi kontemporer. Dari segi skill, terdapat perbedaan yang signifikan pada item dosen melakukan penelitian secara kontinyu dan / atau dipublikasikan. Dan dari segi character, terdapat perbedaan yang signifikan pada item dosen dapat menggantikan perkuliahan yang pernah ditinggalkan. Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Profesionalisme, Knowledge, Skill, Character.