DESKRIPSI MOTIVASI GURU BERDASARKAN TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi guru dan pemenuhan kebutuhan berdasarkan teori hierarki kebutuhan Maslow pada Guru Yayasan Nurul Ulum Semarang. Informan dalam penelitian ini ialah 7 guru tetap yang mengajar di Yayasan Nurul Ulum Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya ialah wawancara dan observasi. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi guru Yayasan Nurul Ulum selain untuk memenuhi kebutuhan, mereka mempunyai tujuan lain ialah pengabdian akan profesinya. Pemenuhan kebutuhan guru Yayasan Nurul Ulum Semarang berdasarkan teori hierarki kebutuhan Maslow, untuk kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi, kebutuhan akan rasa aman sudah terpenuhi dan kebutuhan sosial sudah terpenuhi. Kebutuhan penghargaan internal sudah terpenuhi, namun untuk penghargaan external tidak semua guru terpenuhi akan kebutuhan ini. Kebutuhan aktualisasi tidak semua guru merealisasikan secara penuh potensi yang dimiliki. Kata kunci : Motivasi, Teori Hierarki Kebutuhan Maslow