IDENTIFIKASI MOTIVASI WANITA PENGUSAHA SALON WILAYAH SEMARANG TIMUR
Daftar Isi:
- Di era sekarang ini tidak hanya kaum laki-laki, tetapi kaum wanita juga ingin menujukkan kemampuannya dalam bekerja. Namun sering kali kendala terjadi yaitu kurangnya lapangan pekerjaan sehingga menyebakan tingkat pengangguran yang cenderung meningkat pada kaum wanita. Untuk menghindari permsalahan yang terjadi, salah satu cara untuk masalah tersebut adalah dengan menjadi wanita pengusaha. Bisnis yang banyak digemari oleh wanita pengusaha salah satunya adalah salon. Usaha salon sangat digemari kaum wanita di wilayah Semarang Timur karen keadaan yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi motivasi wanita pengusaha dalam menjalankan usaha salon di wilayah Semarang Timur. Dalam buku Hendro, faktor yang memotivasi wanita berwirausaha diantaranya faktor pendidikan, faktor emosional, faktor modal dan faktor kemandirian. Penelitian ini mengambil data dari 5 responden wanita pemilik salon dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disertai wawancara dalam kotak penjelasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor yang paling memotivasi wanita dalam berwirausaha adalah faktor pendidikan dengan skor 14,33. Kemudian di posisi kedua adalah faktor kemandirian dengan skor 14. Pada posisi ketiga adalah faktor modal dengan skor 13,66. Dan posisi terakhir adalah faktor emosional dengan skor 12,66. Kata kunci : Motivasi, Wanita Pengusaha, Salon