MOTIVASI MENYUSUN SKRIPSI DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA – DOSEN PEMBIMBING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen pembimbing dengan motivasi menyusun skripsi. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen pembimbing terhadap motivasi menyusun skripsi. Semakin baik komunikasi interpersonal yang terjadi maka semakin tinggi pula motivasinya. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Progdi Teknologi Pangan Universitas Katolik Soegijapanata Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah incidental sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 50 mahasiswa. Skala yang digunakan adalah skala motivasi dalam menyusun skripsi dan skala komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen pembimbing. Metode analisa data diperoleh nilai korelasi sebesar rxy = 0,397 dengan p= 0,002 (p <0,01), artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen pembimbing dengan motivasi menyusun skripsi. Semakin baik komunikasi interpersonal maka semakin tinggi pula motivasi dalam menyusun skripsi, begitu juga sebaliknya. Sumbangan efektif yang diberikan variabel komunikasi interpersonal antara mahasiswa dengan dosen pembimbing sebesar 15,8%. Kata kunci : motivasi, komunikasi interpersonal, skripsi