HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMPN 30 SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji adanya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA siswa SMPN 30 Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa skala. Terdapat satu skala yaitu motivasi belajar. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa kelas 8 SMPN 30 Semarang. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0.248 dengan p=0.018 (p<0.05) artinya ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA artinya semakin tinggi motivasi yang dimiliki semakin tinggi pula prestasi belajar IPA yang didapatkan. Dengan demikian menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar IPA, siswa SMP