Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kepribadian Narsisistik dengan Kecanduan Media Sosial pada remaja. Hipotesis yang diajukan adalah ada korelasi positif antara Kepribadian Narsisistik dengan Kecanduan Media Sosial pada remaja. Subyek penelitian adalah 50 orang mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat ukur Skala Kecanduan Media Sosial dan Skala Kepribadian Narsisistik. Metode analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product- Moment yang dihitung menggunakan program statistika komputer yaitu program Statistical Packages for Social Sciences (SPSS) v.16.0 for windows. Hasil analisis yang diperoleh rxy = 0,837 (p < 0,01)). Hasil ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu ada hubungan positif dan sangat signifikan antara Kepribadian Narsisistik dengan Kecanduan Media Sosial pada remaja. Semakin tinggi seseorang memiliki kepribadian narsisistik maka kecanduan media sosialnya juga akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Kata Kunci : Kepribadian Narsisistik, Kecanduan Media Sosial