Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kecenderungan perilaku narsistik pada pengguna media sosial. Kecenderungan perilaku narsistik adalah adalah kecenderungan respon yang dilakukan oleh seseorang yang memandang dirinya secara berlebihan, selalu meminta umpan balik terhadap apa yang telah dikerjakannya dan hanya mengagumi dirinya sendiri sehingga memiliki kesulitan untuk memahami orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan subjek dalam penelitian kali ini menggunakan cara purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 pengguna media sosial dengan intensitas penggunaan yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pengguna media sosial seperti membangun citra diri, mengunggah berbagai foto dengan harapan tertentu, menanggapi dan membalas komentar negatif, berkeluh kesah di media social, merasa iri dengan konten pengguna lain, dan merasa kecewa apabila tidak mendapatkan respon yang diharapkan dapat dikatakan memiliki kecenderungan perilaku narsistik. Kata kunci: Kecenderungan perilaku narsistik, media sosial.