Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubunganantara tuntutan orangtua dan self-efficacy dengan stres pada anak. Hipotesis pertama yang drajukan adalah ada hubungan antara tuntutan orangtua dan self-efficacy dengan stres pada anak, hipotesis yang kedua adalah ada hubungan positif antara tuntutan orangtua dengan stres pada anak, kemudian nipotesrs yang ketiga adalah ada hubungan negatif antara self-efficacy dengan stres pada anak Subjek penelltian adalah mund kelas empal sampai dengan kelas enam SO Karangturi Semarang, sejurnlah 73 siswa. Metode pengumpulan data adalah Skala Stres, Skala Tuntutan Orangtua dan Skala Sett-etticecy Metode analisrs data yang dlgunakan adalah Anareg Dua Preoiktor dan koretasi Product Moment. Hasil anahsis data diperoleh R sebesar 0,598 dengan p<0.01. artinya ada hubungan yang sangal signifikan antara tuntutan orangtua dan sett-efficacy dengan stres pada anak Hasi r sebesar 0540 dengan p<0,01,artmya ada hubungan POSIt! yang sangat signIf kan antara tuntutan orangtua dengan stres pada anak Hasil r~~. sebesar -0.461 dengan p<O 01, artinya ada hubungan negatif yang sangat sigmfikan antara seit-efficacy dengan stres pada anak Berdasarkan nasu tersebut maka ketiga hipotesis penentian yang diajukan adalah diterima.