Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Semakin tinggi motivasi belajar pada mahasiswa, maka akan semakin rendah prokrastinasi akademik pada mahasiswa dan sebaliknya. Populasinya adalah mahasiswa aktif fakultas Psikologi Universitas Semarang angkatan 2015. Sampel penelitian berjumlah 40 mahasiswa, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi Spearman dengan hasil rxy sebesar -0,881 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan hipotesis penelitian diterima dengan hasil yang menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Kata kunci : Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Psikologi Universitas Semarang.