Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja full time. Hipotesis yang di ajukan adalah ada hubungan negatif antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Semakin tinggi self efficacy maka semakin rendah prokrastinasi akademik seseorang, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini dilakukan di berbagai UMKM di Semarang. Subjek yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari mahasiswa ataupun mahasiswi yang bekerja full time. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu incidental sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala self efficacy dan skala prokrastinasi akademik yang dibuat berdasarkan empat aspek prokrastinasi akademik. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai korelasi sebesar -0,760 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,01), artinya ada hubungan negatif antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja full time, berarti hipotesis diterima. Kata Kunci : Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang BekerjaFull time