Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha pemilik usaha yang berada di jalan Fatmawati Semarang menggunakan pendekatan teori Mc Clelland. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha di Jalan Fatmawati Semarang. Berdasarkan analisis, Motivasi berwirausaha pada pemilik usaha di Jalan Fatmawati Semarang memiliki kategori tinggi pada tiga variabel motivasi wirausaha menurut Mc. Clelland yaitu Kebutuhan terhadap Prestasi, Kebutuhan terhadap Afiliasi, dan Kebutuhan terhadap Kekuasaan. Kebutuhan tertinggi pada pemilik usaha di Jalan Fatmawati Semarang adalah Kebutuhan terhadap Afiliasi dengan skor 56,8. Kebutuhan tertinggi yang kedua merupakan kebutuhan terhadap Prestasi dengan skor 54,7. Dan kebutuhan terendah dari 3 kebutuhan adalah kebutuhan terhadap kekuasaan dengan skor 49. Kata kunci : Kewirausahan, motivasi berwirausaha, McClelland, Semarang