Daftar Isi:
  • Fenomena yang terjadi di Semarang saat ini adalah mulai tumbuhnya wirausaha wanita terutama dalam bisnis makanan. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya wanita yang memulai bisnis makanan. Jenis bisnis makanan yang paling banyak digeluti oleh pengusaha wanita adalah makanan tradisional yang menjadi ciri khas kota Semarang seperti Nasi Ayam. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keinginan berwirausaha pada wanita pengusaha Nasi Ayam di Semarang. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha Nasi Ayam di Semarang yang berjenis kelamin wanita dan telah bekerja lebih dari dua tahun yang berjumlah 49 orang. Sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berjumlah 33 orang responden yaitu pengusaha Nasi Ayam di Semarang yang berjenis kelamin wanita dan telah bekerja lebih dari dua tahun. Berdasarkan hasil penelitian, faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh positif terhadap keinginan berwirausaha wanita pengusaha nasi ayam. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keinginan berwirausaha wanita pengusaha nasi ayam adalah faktor eksternal, dibuktikan dengan nilai koefisien regresinya sebesar 1,030 yang lebih besar bila dibandingkan dengan variabel faktor internal. Kata Kunci : faktor internal, faktor eksternal, keinginan berwirausaha, wanita pengusaha