ANALISIS MARKETING MIX TOURISM KAWASAN WISATA UMBUL SIDOMUKTI DI DESA SIDOMUKTI, KECAMATAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG
Daftar Isi:
- Objek wisata Umbul Sidomukti menawarkan berbagai atraksi wisata. Sebuah objek wisata memerlukan pemasaran yang didukung oleh aspek marketing mix yang terdiri dari 10P. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui marketing mix tourism (product, promotion, place, people) menurut persepsi wisatawan domestik, untuk mengetahui pelaksanaan marketing mix tourism (packaging, partnership) menurut asosiasi tour dan travel, dan untuk mengetahui pelaksanaan marketing mix toursim (programming, positioning, planning) menurut Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan simple random, dimana sampel berasal dari populasi dengan cara random dan metode analisis data menggunakan deskriptif dan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproduct yang meliputi attraction, amenities sudah baik, namun pada anciliarydan accessibility wisatawan merasa kurang baik. Pada price, place, promotion, dan people sudah tergolong baik. Packaging dan partnership masih terbilang kurang baik. Programming, positioning, dan planning yang berjalan bisa dibilang kurang baik. Kata Kunci: Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, People, Positioning, Packaging, Partnership, Planning, Programming