PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP UJIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan Mindfulness untuk menurunkan kecemasan terhadap ujian pada siswa Sekolah Dasar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat kecemasan terhadap ujian pada siswa antara sebelum dan sesudah mendapatkan latihan Mindfulness pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa kelas 4 SD sebagai kelompok eksperimen dan 13 siswa kelas 5 SD sebagai kelompok kontrol yang ditentukan secara random. Pretest dan posttest menggunakan Skala Kecemasan Ujian. Program pelatihan berupa Mindfulness diberikan sebanyak 8 sesi selama 30 menit per sesinya. Analisa data menggunakan uji t test menunjukkan adanya penurunan kecemasan ujian pada siswa dalam kelompok eksperimen setelah diberikan latihan Mindfulness dibandingkan dengan kelompok kontrol.