PELATIHAN SUPERVISORY SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN BAWAHAN PADA KAPTEN RESTORAN PERUSAHAAN X DI SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan bawahan kepada kapten melalui pelatihan supervisory skill di restoran perusahaan X Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah Pelatihan Supervisory Skill efektif meningkatkan kepuasan bawahan pada kapten. Subjek dalam penelitian ini ada 51 karyawan operasional dari enam restoran yang kepuasan bawahan terhadap kapten memiliki skor rendah.Pelatihan dilakukan dalam waktu dua hari dengan jumlah peserta enam orang kapten.Penelitian ini menggunakan quasi experiment one group pre test dan post test design. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan skala kepuasan bawahan. Data skala diolah menggunakan SPSS 16.00 dengan analisa data parametrik yaitu Paired Samples T-Test. Hasil analisa kepuasan bawahan menunjukan nilai t = -11,671 dengan p= 0,000. Hasil tersebut mengindikasikan adanya peningkatan kepuasan bawahan kepada kapten, setelah kapten menerima pelatihan supervisory skill.