EFEKTIVITAS PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PADA FRONTLINER TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT X
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan pelayanan prima pada frontliner terhadap kepuasan nasabah PT. BPR X. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan pelayanan prima pada frontliner terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah meningkat setelah frontliners PT. BPR X mengikuti pelatihan pelayanan prima dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan pelayanan prima. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan one group pre test-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 50 orang nasabah PT. BPR X yang telah tercatat menjadi nasabah selama minimal enam bulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kepuasan nasabah. Data yang terkumpul dinalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh nilai t=-7.808 dengan p=0.000 (p<0.01) dengan mean skor pre-test 69.44 dan post-test 74.96. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa ada peningkatan kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan frontliner yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah frontliner PT BPR X mengikuti pelatihan pelayanan prima. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima yaitu kepuasan nasabah meningkat setelah frontliners PT. BPR X mengikuti pelatihan pelayanan prima dibandingkan sebelum frontliners mengikuti pelatihan pelayanan prima.