PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menemukan metode belajar kosakata Bahasa Inggris yang sesuai untuk siswa. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada perbedaan perubahan peningkatan hasil belajar kosakata Bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar setelah diberikan metode ceramah dan metode permainan ular tangga. Hasil belajar kosakata Bahasa Inggris diukur melalui tes kosakata. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pretest Posttest Design, dengan sample seluruh siswa kelas III sejumlah 48 siswa yang nilai pretestnya di bawah 70. Metode belajar diberikan satu minggu satu kali selama satu bulan. Analisa data dengan menggunakan uji beda atau uji t (t-test) dengan menggunakan skor selisih (gain scores) dari masing-masing metode pembelajaran. Berdasarkan penghitungan analisa uji-t diperoleh hasil bahwa skor t sebesar -2,269 dengan signifikansi 0,028 (p<0,05 dengan 2-tailed) maka dengan demikian dapat diartikan bahwa ada perbedaan perubahan hasil belajar kosakata Bahasa Inggris siswa kelas III sekolah dasar setelah diberikan metode belajar ceramah dan metode belajar permainan ular tangga. Kelompok metode permainan ular tangga memperoleh nilai rata-rata perubahan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata perubahan pada metode ceramah (44,42>38,12). Berdasarkan hasil analisa data tersebut, dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima.