PENERAPAN SOCIAL STORY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU TANTRUM PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek penerapan social story untuk menurunkan perilaku tantrum pada anak autism spectrum disorder (ASD). Penelitian ini menggunakan desain single case experimental design dengan kategori desain pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak perempuan berusia 10 tahun yang mengalami tantrum. Pengumpulan data perilaku tantrum yang muncul dilakukan selama tiga hari dengan durasi 15-20 menit per hari, menggunakan observasi dan diukur dengan checklist serta penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test rumus Wilcoxon dan analisis grafik. Pada pengujian statistik paired sample t-test rumus Wilcoxon didapatkan nilai Z sebesar -2,384 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 (p<0,05), hal ini berarti bahwa ada perbedaan perilaku tantrum yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikannya tritmen social story. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada nilai rerata pretest (gabungan dari semua hari) sebesar 2,71 dan posttest (gabungan dari semua hari) sebesar 1,71. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan perilaku tantrum setelah diberikannya tritmen, berarti pula hipotesis yang diajukan diterima.