Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan alat peraga manik-manik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD, khususnya materi matematika kelas IV. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika pada kelompok ekpserimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest dan postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV terdiri dari 10 siswa. Alat untuk mengukur prestasi belajar adalah tes prestasi. Tes tersebut berisi tentang materi matematika topik bilangan bulat. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan nilai U = 3.000, dengan p < 0.05. Kata Kunci : metode kooperatif tipe NHT dengan alat peraga manik-manik, prestasi belajar matematika