METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa SMP kelas VIII. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII A (kelompok eksperimen = 32 siswa) dan VIII B (kelompok kontrol = 35 siswa). Tahapan STAD yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individu dan penghargaan kelompok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) ada perbedaan motivasi belajar matematika pada siswa SMP kelas VIII sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD; 2) ada perbedaan motivasi belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat ukur motivasi belajar menggunakan instrumen skala MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) yang telah dimodifikasi. Teknik analisa pada hipotesis pertama menggunakan Paired t-test, dengan t=-8,294 (p<0,01) dan hipotesis kedua menggunakan t-tes, dengan t=10,726 (p<0,01), kedua hipotesis dinyatakan diterima. Kata kunci : Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD; motivasi belajar