Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian sosial pada anak ADHD dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial pada anak ADHD. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana penyesuaian sosial pada anak ADHD dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyesuaian sosial pada anak ADHD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi narrative description dan wawancara semi terstruktur. Proses validasi data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian sosial pada anak ADHD bisa dipengaruhi oleh gejala-gejala ADHD atau faktor perkembangan dan kematangan, serta kondisi lingkungan. Penyesuaian sosial yang dipengaruhi oleh gejala ADHD, yaitu: School Functioning (masalah di sekolah), Peer Interactions (masalah dengan teman sebaya), Interactions with Siblings (masalah dengan saudara kandung), Interactions with Parents (masalah dengan orangtua). Sedangkan, penyesuaian sosial yang dipengaruhi oleh faktor, yaitu: School Functiong (akademik dan sosial di sekolah), Spare Time Functiong (aktivitas), Peer Interactions (relasi dengan teman sebaya), Interactions with Sibling (relasi dengan saudara kandung), Interactions with Parents (relasi dengan ibu dan ayah).